PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Antusiasme Dokter Hewan Muda Universitas Gadjah Mada Belajar Sistem Perkarantinaan Indonesia




Cilacap - Teknologi kini dibuat untuk mempermudah segalanya, tak terkecuali ilmu. Hal inilah yang dilakukan Karantina Pertanian Cilacap untuk memanfaatkan teknologi dalam memberikan bekal ilmu perkarantinaan kepada dokter hewan muda Universitas Gadjah Mada, Selasa (22/12).

Pembekalan ini termasuk dalam rangka membantu dokter hewan muda memahami bidang administrasi kedinasan, kesehatan masyarakat veteriner, dan epidemiologi veteriner di bidang perkarantinaan.

Pembekalan ini dilakukan secara daring oleh Bagian Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Kepala Karantina Pertanian Cilacap, Puji Hartono membuka pembekalan dengan memberikan banyak motivasi kepada dokter hewan muda. Kelima belas peserta ini juga mendapat ilmu perkarantinaan dari Agus Wasana yang merupakan pejabat Karantina Pertanian Cilacap.

Antusiasme terus terlihat selama pembekalan. Salah satu pertanyaan dari Rima Nurul yang menyampaikan ketertarikannya ingin menjadi pejabat karantina dan menanyakan bagaimana suka duka bekerja di Badan Karantina Pertanian.

"Badan Karantina Pertanian membutuhkan dokter hewan yang siap dalam mengemban amanah menjaga Indonesia dari masuk, keluar dan tersebarnya hama penyakit hewan karantina," paparnya.

"Apapun dan dimanapun kerjanya, yang terpenting adalah bagaimana kita mencintai pekerjaan itu. Amanah seberat apapun bila kita sudah menjadikan itu bagian dari diri kita, akan terasa ringan dan bersungguh-sungguh dalam menjalaninya. Semangat dan sukses!" pesan Agus.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianCilacap