PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Tanaman Hias Bebas OPT, Daya Pikat pun Meningkat




Cilacap – Pesona tanaman hias semakin hari semakin memikat. Terbukti dengan semakin banyak dan bervariasinya jenis tanaman hias yang telah disertifikasi oleh Karantina Pertanian Cilacap. Tak hanya aglonema, anggrek dan keladi, kini bibit bonsai pun hampir setiap hari dilaporkan ke Karantina Pertanian Cilacap.

Data Iqfast menunjukkan bahwa tahun 2020 Karantina Pertanian Cilacap telah mensertifikasi tanaman hias lebih dari 2.400 kali untuk tujuan domestik dibandingkan pada tahun 2019 yang hanya 75 kali.

Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengiriman tanaman hias asal Cilacap semakin meningkat dan meluas ke seluruh penjuru Indonesia.

Sebanyak 22 batang anggrek dengan jenis dendrobium dan vanda diperiksa Pejabat Karantina Pertanian Cilacap sebelum bertolak ke Merauke dan Pekanbaru. Selain anggrek ada beberapa bibit bonsai sakura, bonsai mirten, dan tanaman hias lainnya yang juga diperiksa oleh Pejabat Karantina Pertanian Cilacap. (18/1)

“Tanaman hias ini harus bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan, salah satunya bebas dari serangga hidup,” ujar Riyanti Ika Pejabat Karantina Pertanian Cilacap.

SobatQ, sesuatu yang indah haruslah djaga agar tetap indah. Lapor karantina jika melalulintaskan tanaman, hewan dan produk olahannya.

#LaporKarantina  #KarantinaPertanianCilacap