PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap

Dukung Gratieks, Gali Peluang Ekspor Kabupaten Kebumen




Kebumen - Upaya meningkatkan ekspor komoditas pertanian di Kabupaten Kebumen, Karantina Pertanian Cilacap berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen untuk mendorong petani dalam peningkatan produksi pertanian.

Besarnya potensi ekspor komoditas pertanian di Kabupaten Kebumen menjadi hal yang patut diperhatikan. Mengingat Kebumen memiliki beberapa komiditas pertanian yang banyak dilirik oleh pasar ekspor seperti gula kristal, jambu kristal, belimbing madu dan kopi gemplong.

"Adanya kendala dalam hal produksi dan pemasaran, membuat petani tidak bisa memasok produk pertanian ke pasar ekspor," ungkap Retno Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen. "Saat ini baru gula kristal saja yang masuk ke pasar ekspor, semoga saja komiditas lainmya bisa ditindaklanjuti," imbuhnya.

Kedepannya Karantina Pertanian Cilacap akan terus mengupayakan pendampingan kepada petani Kebumen. Salah satunya kegiatan bimbingan teknis perkarantinaan agar petani kebumen dapat terus maju dan berkembang.

#KarantinaPertanianCilacap